Sunday, May 25, 2008

Kutukan Keledai

Dikatain keledai aja gondoknya udah bukan main. Gimana lagi kalau dikutuk jadi keledai? Duh, kasiannya! Berikut ini kisahnya yang disebutkan oleh Ibnul Jauzy -rahimahullah- dalam kitabnya "Akhbarul Hamqo wal Mughaffalin" . Beliau berkata
"Aku diceritakan oleh beberapa orang teman ada seorang pandir yang sedang menuntun keledainya. Seorang yang melihat ini, berkata kepada temannya, "Ane bisa ngambil keledainya tuh orang tanpa dia sadar"
"Gimane caranya? Diakan megang talinya?"
Maka orang ini mengambil talinya dan melingkarkannya ke lehernya seraya berkata kepada temannya,
"Ente bawa pergi nih, keledainya!"
Temannyapun membawa pergi keledai tersebut.
Orang ini berjalan dibelakang si pandir dengan tali melingkar di lehernya beberapa lama. Kemudian dia berhenti. Si pandir yang nggak sadar, menarik-narik tapi dia tetap berhenti. Si pandir menoleh, terkaget-kaget kok yang dia bawa orang.
"Hei, mana keledaiku?"
"Ane adalah keledai tuan."
"Ha, gimane ceritanye?
"Dulu ane pernah durhaka ama emak ane. Terus ane dikutuk menjadi keledai. Selama ini ane membantu tuan. Sekarang emak ane udah gak marah lagi, maka ane jadi orang lagi."
"La haula wala quwwata illa billah, jadi selama ini aku memperkerjakan seorang manusia?
"Begitulah"
"Pergilah"
Maka orang ini pun pergi. Si pandir pulang ke rumahnya. Dia cerita ama bininya,
"Tahu kagak, ternyata kita dulu memperkerjakan seorang manusia. Gimana caranya untuk menghapus dosa kita ini? Bagaimana caranya kita bertobat?
"Bersedekahlah sebisamu!" (kayaknya laki bini sama aja nih....-pent)
Setelah beberapa hari, bininya berkata,
"Belilah keledai yang lain supaya abang bisa kerja!"
Maka si pandirpun pergi ke pasar. Alangkah kagetnya dia melihat keledainya ada di pasar. Keledainyapun ketika melihat tuannya datang, langsung teriak-teriak memanggil tuannya. Si pandir langsung menghampiri keledainya, menarik kupingnya, seraya berteriak,
"Hei, b*****t! Ente durhaka lagi ya?
"?!?!?!?!?!? "
(Akhbarul Hamqo wal Mughaffalin 186)

Hehehehe.... gak usah terlalu serius ya..! "Akhbarul Hamqo wal Mughaffalin" kalo diterjemahin kira2 : Kisah orang-orang pandir dan dungu. Lumayanlah.. untuk ngurangin stress....

http://oaseilmu. wordpress. com/2008/ 05/22/keledai- kutukan/

1 comment:

Unknown said...

Apakah ada yang punya terjemahan kitab tersebut? Mohon hubungi 085649464900