Monday, May 5, 2008

We Never know the result if we never try

Learning by doing mungkin istilah lainnya yang mendekati dari judul di atas. Terkadang kita merasa takut ketika hendak memulai sesuatu pekerjaan. Atau kita merasa bingung akankah kita melangkah karena kita belum tahu apakah sesuatu itu akan berhasil atau tidak.

Selama ini, saya dikenal sebagai pemuda yang senang kali mencoba. Namun dengan keinginan mencoba ini malahan saya malah bisa mendapatkan ilmu yang banyak. Sesuatu yang sebelumnya belum saya ketahui akhirnya bisa saya ketahui walaupun cukup lumayan besar kompensasinya.

Tatkala ketika 6 tahun yang lalu saya membeli computer pertama kali. Komputer saya kok tiba-tiba sering hang. Ingin dibawa ke toko computer tuk memperbaiki namun jauh banget. Akhirnya saya
membongkar computer saya sendiri dan kotak-katik sendiri. Sambil membaca buku pedoman dan literature dari internet ternyata aha akhirnya computer itu bisa berfungsi kembali sedia kala, walaupun casingnya jadi rusak karena saya salah dalam mencopot casing itu.

Akan banyak yang bisa kita dapatkan dengan men-try atau mencoba sesuatu. Namun seringkali rasa ingin mencoba ini terkalahkan oleh ketakutan รข€“ ketakutan yang ga jelas yang ada dari diri
kita. Padahal jika kita malu mencoba dan tidak mau mencoba malah kita kalah dua kali. Karena pertama kita akhirnya semakin tidak tahu ilmu dibalik sesuatu yang akan kita coba itu dan yang kedua kita membiarkan ketakutan menyelimuti diri kita sendiri.

Kalau saya sendiri termasuk orang yang cuek, jadi kalo emang ternyata salah ya udah berarti saya jadi tahu bahwa ini adalah salah. Namun dengan mencoba bukan berarti kita terus mencoba
sesuatu hal yang sudah pasti salah atau kalah, seperti mencoba masukan tangan kedalam api karena pengen seperti pala pesulap itu mah namanya nekat bin dudut.

Mencobalah jika kita memang belum tahu kondisinya seperti apa, terutama ketika kita meyakini dengan mencoba akan banyak hal baru yang akan kita dapatkan. Jangan pernah malu untuk berbuat kesalahan dan bersabarlah semoga ini yang terbaik untuk kita semua.

Tetap Semangat
Keep in smile facing the world


Iwan Ketan
NLP & LOA Learner
Young Entrepreneur
http://itan.blogspot.com

No comments: