Wednesday, April 18, 2007

Ikhtilat

Dulu Murabbi sering mengingatkanku mengenai hubunganku dengan teman-teman kuliah yang mayoritas laki-laki, aku hanya tersenyum mengiyakan. namun dalam hati kerap bertanya-tanya, bagaimana aku harus memperlakukan mereka.
Selama ini aku bersikap wajar menurutku, tidak terlalu dekat namun juga tidak terlalu keras dalam menjaga jarak, karena kau berfikir bahwa kami akan menjadi teman sekelas selama 4 tahun, mau tidak mau aku harus berinteraksi dengan mereka, mulai dari kegiatan perkuliahan tiap harinya, dalam mengerjakan tugas kuliah sampai kegiatan keorganisasian di kampus.
Ok, bila dilihat dalam kacamata Islam aku mengakui bahwa aku jauh berada dari jalur yang yang disyariatkan, namun menurut mereka biasa saja. Aku hanya ingin jadi teman yang baik, aku berikan mereka perhatian, mendengarkan keluh kesah dan curhat mereka, aku pikir dari pada mereka lari pada teman-teman mereka yang belum tentu memberi mereka solusi yang baik setidaknya aku bisa memberi mereka sedikit pengetahuan yang aku tahu mengenai Islam, cara pandang tentang pacaran dan sebagainya atau setidaknya mereka akan mendapatkan seulas senyum saat merasakan duka dan memerlukan tempat singgah.
Sejauh ini mereka berlaku baik karena aku tahu dan yakin mereka pada dasarnya (klise sich) baik, dari sekian banyak laki-laki yang jadi temanku mereka hanya akan berlaku tidak sopan pada beberapa wanita saja, maksudku kalau dia wanita baik2 mereka juga tidak akan macam2 malah akan sangat menjaga (itu yang kurasakan selama ini). Meraka juga sering mengingatkan bila aku agak error (istilahku, bila sedang bermasalah), judes biasanya langsung komentar "kamu lagi tanggal merah ya... kok judes?", saat mulai malas mengerjakan tugaspun mereka langsung menanyakan (soalnya mereka juga berkepentingan kalo tidak mengerjakan tugas) atau ketika aku suka mbolos kuliah. mereka cukup care.
Entah ini hanya pembenaran atas apa yang yang aku lakukan, atau memang untuk hal yang satu ini aku memang belum bisa Hijrah, atau juga mungkin karena kerinduanku akan sosok seorang kakak laki2 ya... (Icus khan kakaknya cewek semua).
Semoga saja Allah selalu menjagaku dari perbuatan yang ia larang.... Amiiin!!!!

No comments: