Tuesday, July 26, 2011

Ramadhan ceria

Ramadhan tiba, Ramadhan tiba...

Lirik lagu Om Opick akhir – akhir ini terus terngiang – ngiang diotak, ya gimana engga hampir tiap hari lagu ini selalu berada di daftar putar winamp. Sengaja beberapa bulan terakhir ini memang ingin mengkondisikan diri untuk membawa aura Ramadhan datang lebih awal, ^_^ maksa. Tapi sebenernya, meski ga dipaksa ramdhan juga bakalan datang kok, minggu depan gitu.

Yap, minggu depan sodara – sodara, Ramadhan sudah diambang pintu. Ups, Btw siapa kah gerangan sih Ramadhan ini, kenapa juga orang – orang musti nunggu – nunggu dengan antusian kehadirannya? Yeee, dia bukan orang kali. Capek Deh! ^_^’.


Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan penuh berkah, halah klise banget sih. Tapi emang bener kok ^_^. Dalam bulan Ramadhan setiap amal baik ganjarannya akan dilipat gandakan, ga mau ngasih ayat or hadist silahkan nyari sendiri, bukan orang pinter soalnya, ngaku aja kalo pas ngaji suka ngelamun. Ups, ketahuan ^_^’.

Jadi sudah bikin agenda Ramadhaan belum? Berapa juz target baca qurannya, buku – buku apa yang mau dibaca untuk menemani tilawahnya, mau buka bersama dimana aja, komunitas mana atau daftar saudara dan teman yang akan dikunjungi dalam rangka silaturrahim?.

Belum, hayo masih ada waktu disusun gih, ga musti saklek ditulis dipapan gedhe trus dipajang dikamar juga sih, ngaco neh. Cukup dibuku agenda atau kalau memang punya memory hebat cukup simpan dalam otak.

Ramadhan selalu membawa nuansa berbeda, di bulan Ramadhan orang – orang yang biasa ceplas – ceplos ngomong tiba – tiba berubah manis, yang gradak – gruduk juga sedikit lebih teratur rapi kalem, ga tau juga kalo itu karena dia lagi menghemat energi.

Trus kalo kita pergi ke departement store ato mall, sudah dipastikan kalo kita akan dihibur oleh Om Opick ato Paman Hadad Alwi, asik khan belanja sambil bernasyid ria, sukur – sukur nasyid yang diputer “sedekah” nya om Opick yang belanja langsung kepikiran buat nyisihin sebagian budget untuk infaq. Manis benget khan ^_^.

Bulan Ramadhan juga identik dengan yang namanya berbagi, saat berkunjung ke slaah – satu panti tahun lalu, seorang sahabat nyeletuk, “Ramadhan ini adalah hari rayanya anak panti”. Emang bener lho sodara – sodara, pas kita mau bikin acara buka bersama sama mereka, kita hampir ga dapet jadwal saking padatnya acara bukber di panti itu. Ya, meski akhirnya ga bisa buka bersama dengan panti tersebut, kami bahagia bila adik- adik yatim – piatu dapat merasakan kebahagiaan meski hanya sebulan dalam setahun, semoga aja sih para donatur – donatur itu bukan donatur tahunan kayak kita, yang hanya inget berbagi dibulan Ramadhan aja. T_T

Jadi selain menyiapkan baju dan kue lebaran untuk diri sendiri dan keluarga, tak ada salahnya khan kita menyisihkan sebagian harta untuk mereka, sehingga adik – adik kita yang tidak seberuntung kita dapat merasakan kebahagiaan Ied Fitri.

Ayo, sodara – sodara ramai – ramai kita datangi rumah yatim piatu dan berikan pada mereka keceriaan Ramadhan agar dapat meraih keberkahan Ramadhan. ^_^

Wonoayu, 16.27 26 Juli 2011

No comments: