Wednesday, August 27, 2014

Oralit dan Diare

Masih ingat lagu ini kah?, yang liriknya seperti ini

"Aku anak sehat, tubuh ku kuat
Karena Ibu ku Rajin dan cermat
bla.... bla.... bla

Kalau aku diare, ibu selalu waspada
Pertolongan oralit, selalu siap sedia"


Seingat saya dulu lagi itu begitu populer, tapi seiring perkembangan jaman, memudarnya pesona posyandu lagu itupun mulai tak terdengar, saya sendiri baru ingat dengan lagu itu, saat menemani putri kecil kami naik odong -odong depan didepan rumah yang kebetulan diputarlah lagu itu.


Dulu, seingat saya juga, hampir setiap rumah memiliki oralit untuk obat diare, tapi sekarang orang - orang akan segera kedokter dan meminta obat yang dapat menghentikan diare saat itu juga, meski baru BAB 6 kali sehari.

Tapi tahukah bahwa diare sama seperti demam, juga mekanisme normal tubuh. Jadi apabila ada makanan kotor / busuk didalam perut, tubuh kita secara otomatis akan membuangnya keluar. Nah sekarang bayangkan apabila makanan kotor ini dibiarkan tetap berada didalam tubuh?? tentu akan menimbulkan penyakit yang lain. Pada orang yang kena diare, mereka bisa BAB 12 kali sehari selama dua minggu, dan itu normal. tidak percaya?? silahkan baca - baca di cdc, mayoclinic atau webmd lah.

Kembali pada oralit, dia ini selain pengganti cairan dalam tubuh dia juga membantu mengeluarkan makanan kotor didalam perut keluar, karena itu setelah minum oralit diare tidak langsung berhenti. 

Tapi ada yang bilang minum oralit bisa membuat orang muntah, di webnya cdc disana dijelaskan juga bahwa oralit ini dapat menyebabkan muntah, tau kenapa?? karena ternyata ada aturan mainya kalo mau minum oralit. 

Oralit tidak boleh langsung diminum dalam sekali teguk, ingat tidak boleh diminum sekaligus, tapi harus diminum seteguk demi seteguk. Gampangnya sih disendokin gituh, jadi setelah BAB minum oralit segelasnya sesendok, dua sendok, tiga sendok lalu berhenti, beri jeda tiga menit, baru lanjutkan lagi sampai habis. dan kalau belum sembuh, teruskan minum oralitnya segelas setiap sehabis BAB.

Jadi yang tidak memiliki persediaan oralit dirumah, segera ke apotik beli oralit, kalo tidak suka sensasi asin di oralit bisa beli yang paten Pedialyte rasa buah sebotol gedhe, kemarin nanya harganya tiga puluh ribuan, atau Renalyte yang ini tawar katanya, kemaren beli ini harganya kalo tidak salah inget enam belas ribu pake botol kaca, setengah ukuran Pedialyte.

Semoga manfaat yaaa

Wonoayu, 28 Agustus 2014; 12.04

Suci


No comments: