Wednesday, August 27, 2014

Demam, Jangan Panik!!!



Kita ngomongin demam yuk bunda, yang merasa bapak jangan tersungging yaaa, tetep boleh belajar kok 

Sebagian besar bunda pasti panik kalo si kecil sedang demam, tapi, taukah bunda kalau sebenarnya demam itu adalah reaksi tubuh  saat ada infeksi kuman, virus bahkan bakteri yang masuk dalam tubuh kita, lalu sistem kekebalan tubuh bekerja melawan infeksi tersebut.

Nah saat sistem kekebalan tubuh kita bekerja keras dalam melawan infeksi tersebut suhu badan akan naik, terjadilah demam.


Jadi tidak perlu kuatir dong saat demam?? Selama penyebab demamnya ketahuan tidak masalah, seperti batuk , pilek atau diare. Tapi ingat, jaga jangan sampai dehidrasi ya, karena pada saat demam, kita mudah dehidrasi. Selalu sedia cairan elektrolit atau oralit dirumah, untuk pencegahan, dan Parasetamol, bila merasa tidak nyaman, parasetamol bisa diminum.

Ada lagi yang musti diwaspadai saat demam, bila demam selama tiga hari berturut - turut, tidak mengalami penurunan suhu selama tiga hari tersebut dan tidak ada gejala penyerta, lebih baik diperiksakan kedokter ya bunda.

Untuk memudahkan dokter dalam membuat diagnosa, akan lebih baik bila bunda membuat semacam diary demam yang berisi, kapan mulai demam, kapan diberi paracetamol, apakan demam turun saat diberi paracetamol?.

Semoga setelah sedikit belajar tentang demam, kita bisa lebih bijaksana dalam menangani demam ya.


Wonoayu, 28 Agustus 2014; 09.30

Suci

No comments: